Kamis, 03 Juni 2010

merenung,keindahan dan keserasiaan


Merenung artinya secara diam-diam memikirkan sesuatu hal kejadian dengan mendalam. Renungan adalah pembicaraan diri kita sendiri atau pembicaraan dalam hati kita tentang suatu hal.

Setiap kegiatan untuk merenungkan atau mengevaluasi pengetahuan yang telah dimiliki disebut dengan berfilsafat. Jadi berfilsafat adalah terjadinya proses pembicaraan, evaluasi dengan hati kita sendiri mengenai suatu peristiwa. Contoh hasil renungan yang menghasilkan pengetahuan yaitu Newton dengan gaya gravitasinya.

Keindahan adalah suatu susunan keserasian yang dapat menciptakan kesenangan bagi penglihatan dan pendengaran. Kehalusan merupakan sikap yang lembut dalam menghadapi orang lain. Lembut dalam mengucapkan kata-kata, lembut dalam sikap anggota badan. Sikap halus dan lembut merupakan cermin hati yang tulus serta cinta kasih terhadap sesama.

Manusia dan keindahan
Keindahan adalah sesuatu yang mempunyai daya tarik berlebih, Keindahan juga bersifat universal yang artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, tempat maupun waktu.
Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Disamping itu terdapat perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
1. Keindahan dalam arti yang luas
2. Keindahan dalam arti estetis yang murni
3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan pengelihatannya.
Pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi :
1. Keidahan Seni
2. Keindahan alam
3. Keindahan Moral
4. Keindahan Intelektual
Pengertian keindahan dalam arti estetis murni :Keindahan dalam estesis murni menyangkut pengalaman estesis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.
Sedangkan keindahan dalam arti terbatas : lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda=benda yang diserapnya, dengan pengelihatan,yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.
Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana,untuk sesuatu hal lainnya yakni nilai yang sifatnya sebagai alat untuk membantu.
Nilai Intrinsik adalah Sifat baik dari benda yang bersangkutan, sebagai tujuan, atau demi kepentingan benda itu sendiri.
Kontemplasi dan Ekstansi
Keindahan dapat dinikmati menurut selera seni dan selera biasa, keindahan yang didukung menurut selera seni didukung oleh faktor Kontemplasi dan Ekstansi.
Kontemplasi adalah Dasar dalam diri manusoa untuk menciptakan sesuatu yang indah.sedangkan Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Apabila kedua dasar ini dihubungkan dengan bentuk di luar diri manusia, maka akan terjadi penilaian bahwa sesuatu itu indah.
Renungan
Renungan berasal dari kata renung yang arinya memikirkan sesuatu. Dlama renungan terdapat beberapa teori, diantaranya :
1. Teori Penungkapan
2. Teori Metafisik
3. Teori Psikologik
Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi, yang berarti cocok atau sesuai.
Dalam Keserasian terdapat Teori-teori diantaranya :
1. Teori Obyektif dan teori subyektif
2. Teori perimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar