Sabtu, 09 Oktober 2010

Teknologi 3D pada LCD Monitor


Banyak pihak yang memprediksikan 2010 ini sebagai tahun kebangkitan teknologi tiga dimensi (3D). Perkiraan ini berangkat dari agresivitas para pabrikan elektronik dalam mengembangkan teknologi 3D pada piranti yang mereka produksi.

Tidak hanya televisi, teknologi ini juga dikembangkan pada sejumlah perangkat berteknologi LCD (liquid crystal display), komputer jinjing, baik netboook maupun notebook, hingga pemutar bluray, Pada televisi.

sebelum melangkah lebih jauh, saya akan mengenalkan apa itu 3D ??


- 3D itu singkatan dari 3 Dimensi atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.

Sangat berkembangnya teknologi komputer pada bidang hardware, jika kita tidak mengikuti perkembangan tersebut, maka kita juga akan semakin ketinggalan untuk merasakan keunggulan atau kecanggihan pada hardware-hardware tersebut apalagi pada saat ini, yang akan saya bahas pada tulisan kali ini hanya pada monitor saja. Karena monitor sangat penting untuk membantu user dalam melihat tampilan yang sedang diproses pada komputer yang digunakan. Mungkin ada,dari kita yang sempat merasakan monitor CRT (Cathode Ray Tube) yang bentuknya masih seperti tabung dan untuk masalah ukuran tidak terlalu efisien menurut saya dibandingkan dengan LCD (Liquid Crystal Display) biasa, ditambah sekarang sudah semakin banyaknya produsen monitor yang mengembangkan teknologi 3D.

monitor CRT
Karena jika anda user yang senang sekali dengan multimedia, baik itu dalam bidang film, desain grafis, atau tentang game (permainan), yang mendukung 3 dimensi, maka anda akan sangat terbantu dalam melihat tampilan yang semakin nyata dengan adanya LCD 3D.

Untuk contoh LCD monitor 3D, saya akan menggunakan contoh : Asus VG236H.
Asus VG236H

- Asus meluncurkan produk monitor tiga dimensi (3D) terbarunya, VG236H. Produk ini diklaim mampu memberikan tayangan 3D plus video kualitas High Definition (HD) kelas wahid.

VG236H memiliki ukuran layar 23 inch, yang mendukung resolusi full High Definition (1920x1080 pixel). Dengan contrast rasio 100000:1.
Dengan dukungan teknologi Nvidia 3D Vision, maka para gamer diharapkan bisa menikmati konten 3D melalui monitor ini.

Fitur yang istimewa dalam produk ini adalah adanya teknologi "Trace Free II" pada VG236H. Teknologi ini memiliki dua fitur utama, yaitu waktu respon yang super singkat dan cepat, hanya 2 milidetik, dan kecepatan refresh hingga 120Hz, dua kali lebih cepat dibanding monitor LCD biasa.

Untuk kenyamanan dalam menonton, VG236H bisa diputar hingga 150 derajat dan tingginya bisa diatur hingga 100 mm.dalam urusan konektivitas, produk ini dilengkapi port YPbPr dan HDMI plus dual-link DVI untuk memutar 3D.

Tujuan monitor 3D :



diharapkan LCD Monitor 3D ini, bisa memuaskan hasrat para gamers dan juga para pecinta 3D. karena dari kenyamanan dan tekhnologi yang di kembangkan sudahlah sangat baik, dan mampu menghasilkan gambar yang lebih hidup serta kualitas gambar tingkat tinggi.




sumber http://www.detikinet.com/read/2010/07/23/095636/1405111/317/bidik-gamer-asus-gelontorkan-monitor-3d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar