Jumat, 22 Oktober 2010

TAMPIL BEDA DAN SEHAT DENGAN FIXIE BIKE















Belakangan ini, banyak yang mulai beralih mengendarai sepeda. Saban pagi dan sore di saat jam pulang kerja, di padatnya kemacatan kota, ada aja satu sepeda yang nyempil ikut kena macet. Salah satu sepeda adalah track bicycle(sepeda balap) yang digunakan pada jalur Velodrome. Karena sepeda jenis ini simple dan mudah digunakan, sepeda ini juga digunakan oleh para bike messangers untuk mengantar pesan di Amerika.



Fixie di ambil dari fixed gear yaitu gear mati dengan single speed, sehingga pedal akan terus bergerak ketika roda belakang tetap berputar, atau biasanya di kenal dengan istilah doltrap, berbeda dengan ‘torpedo’ yang pedalnya masih dapat berhenti ketika roda belakang terus berputar.
Yang menarik dari Fixie adalah pemilihan warnanya, sehingga banyak ditemui para pengguna fixie menggunakan warna-warna yang ’shocking’ untuk lebih menarik perhatian dan kita bisa memodifikasi handlebar, rim, frame dan sebagainya.

meet Fixie Bike. Sebuah sepeda dengan bentuk basic frame yang diambil dari sepeda balap, namun terdapat modifikasi dibeberapa bagian. Seperti pada bagian gear belakang dan depan yang diganti dengan menggunakan single speed .
Berbeda dengan sepeda yang biasa kita temui, di mana menggunakan mekanisme gear Free Wheel , sepeda satu ini menggunakan Fixed gear (gir paten/mati) pada bagian belakang yang dibaut langsung pada hub roda belakang. Dengan begitu, jika roda sepeda berputar, pedal akan terus berputar dan tidak bisa ditahan. Nggak heran, sepeda satu ini juga bisa jalan mundur lantaran bisa digoes mundur.
gear paten

Pengeremannya juga unik,  karena sepeda yang satu ini tidak  memakai kabel rem yang menghubungkan rem depan dan belakang dengan tuas rem di setang. Dan bukan juga menggunakan model rem Torpedo yang ngerem dengan cara mendorong pedal ke arah belakang.
Hah? Terus ngeremnya gimana???
Jawabannya, simple. Hanya  cukup dengan menahan sang pedal sampai laju sepeda dapat berhenti. Otomatis, kekuatan kaki juga jadi diuji. Susah?
“Justru di sini letak ciri khas Fixie Bike. Sepedanya jadi terlihat lebih simple dan minimalis.
Ada tiga acuan dalam membangun sepeda fixie: 
Light, Strong dan cheap. Kita harus milih dua diantara tiga. Kalo Strong dan light , udah pasti tidak cheap . Atau kalo pilih strong dan cheap , udah pasti nggak light . Begitu juga kalo kita pilih light dan cheap , udah pasti nggak strong. yang terpenting gimana caranya kita mengatur budget dengan kebutuhan.

 Tertarik buat coba fixie??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar