Selasa, 20 Desember 2011

sejarah perjalanan handphone

Banyak mungkin dari kita yang belum mengetahui perjalanan sebuah ponsel. Berbagai versi hadir, tapi kali ini, Savings.com membuat rincian dan perjalanan sebuah ponsel dari tahun ke tahun dan untuk masa depan.

Telepon selular (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Dimulai dengan Motorola DynaTAC 8000X, yang memulai debutnya pada tahun 1982 jauh. Beratnya sekitar 2 poundsmemiliki body sangat panjang dan lebar,  dan harganya saa itu mencapai sekitar $ 3.99517 tahun kemudian hadrilan , Nokia 6160 yang tampil dengan ketebalan 5,2 inci dan dihargai $ 900.
Menariknya, orang-orang menyukai handset begitu banyak sehingga akhirnya mendapat gelar ponsel paling populer dari 90-an. Pada tahun 2002,  dengan harga sekitar  $ 400  saat itu adalah untuk  Nokia 7650, yang cukup high-end  pada zamannya. Setidaknya perlahan kita mulai tahu pertama kali sejarah perjalanan sebuah ponsel hingga berevelusi menjadi smartphone seperti sekarang. Dari infografik diatas kamu bisa melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar